![]() |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER PROGRAM STUDI S1 INFORMATIKA/ILMU KOMPUTER FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS MERDEKA PASURUAN |
|||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Identitas Mata Kuliah | NAMA MK | KODE MK | RUMPUN MATA KULIAH | BOBOT(SKS) | SEMESTER | Direvisi | ||
Pemrograman Dasar | MKWPS14 | Algoritma dan pemrograman | 4 | 1 | 2024-06-06 12:44:44 | |||
Otoritas | Pengembang RPS | Ketua Kelompok Keahlian | Ka PRODI | |||||
Dian Ahkam Sani, S.Kom., M.Kom. | Dian Ahkam Sani, S.Kom., M.Kom | Dian Ahkam Sani, S.Kom., M.Kom | ||||||
Deskripsi Mata Kuliah | Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar mengenai konsep dasar-dasar pemrograman dan mempraktekkannya. Perkuliahan dilakukan di kelas dan praktik dilakukan di kelas maupun di laboratorium. Mahasiswa akan belajar tentang algoritma sederhana, cara menuangkan algoritma, konsep percabangan, konsep perulangan, input, proses dan output, merumuskan solusi algoritma untuk permasalahan iterative dan percabangan bertingkat, menelusuri dan mensimulasi eksekusi fungsi rekursif dan mengimplementasikan algoritma sesuai rumusan solusi dalam bentuk program terstruktur dengan bahasa pemrograman python. | |||||||
Capaian Pembelajaran Lulusan & Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) PRODI | |||||||
CPL09 | Kemampuan mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai. | |||||||
CPL09 | Kemampuan mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai. | |||||||
CPL09 | Kemampuan mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai. | |||||||
Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK) | CPMK yang di dukung | CPL yang di dukung | ||||||
SUBCPMK09101 | Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat | CPMK091 | Mampu menganalisis algoritma dan menerapkan pada bahasa pemrograman untuk menyelesaikan permasalahan organisasi secara optimal. | CPL09 | ||||
SUBCPMK09102 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman. | CPMK091 | Mampu menganalisis algoritma dan menerapkan pada bahasa pemrograman untuk menyelesaikan permasalahan organisasi secara optimal. | CPL09 | ||||
SUBCPMK09201 | Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman. | CPMK092 | Mampu merancang algoritma dan menerapkan pada bahasa pemrograman untuk menyelesaikan permasalahan organisasi secara optimal. | CPL09 | ||||
Penilaian | Id Sub-CPMK | Bobot per Bentuk Penilaian | TOTAL BOBOT PER SUB-CPMK | |||||
Presensi | Tugas | Praktikum | UTS | UAS | ||||
SUBCPMK09101 | 5% | 5% | 0% | 10% | 0% | 20% | ||
SUBCPMK09102 | 5% | 5% | 10% | 10% | 10% | 40% | ||
SUBCPMK09201 | 5% | 5% | 15% | 0% | 15% | 40% | ||
Total Per Penilaian | 15% | 15% | 25% | 20% | 25% | 100% | ||
Pustaka | Sani, Dian Ahkam. Farosanti, Lafnidita. Sarwani, M Zoqi. (2024). Pemrograman dasar menggunakan bahasa pemrograman Python. Yogyakarta: Penerbit Deepublish., Matthes, E. (2023). Python Crash Course: 3rd Edition. No Starch Press., 4. Beecher, K. (2017). Computational Thinking: A beginner's guide to problem-solving and programming. Swindon, UK.: BCS Learning & Development Limited., Curzon, P., & McOwan, P. W. (2017). The power of computational thinking: Games, magic and puzzles to help you become a computational thinker. London, UK: World Scientific Publishing Europe Ltd. | |||||||
Media Pembelajaran | Software: | Hardware: | ||||||
Google Colab; EdLink; Power Point. | Proyektor; Laptop. | |||||||
Team Teaching | - | |||||||
Matakuliah Syarat | - | |||||||
Ambang Batas Kelulusan Mahasiswa | 60 | |||||||
Ambang Batas Kelulusan MK | 60 % |
MINGGU KE- | ID SUBCPMK | DESKRIPSI SUB CPMK | INDIKATOR KETERCAPAIAN SUB-CPMK | BENTUK ASSESSMEN | MATERI | METODE | LUAR JARINGAN (TATAP MUKA) | DALAM JARINGAN (DARING) |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | SUBCPMK09101 | SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat) | - Ketepatan mahasiswa dalam memahami dan menjelaskan konsep dasar program, pemrograman dan bahasa pemrograman serta konsep compiler dan interpreter. | Presensi/Kuis | Perbedaan program, pemrograman, dan bahasa pemrograman; compiler vs interpreter. [1, 2]. | Ceramah | Kuliah | - |
2 | SUBCPMK09101 | SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat) | Ketepatan mahasiswa dalam memahami konsep computational thinking dan menjelaskan macam-macam computational thinking. | Presensi/Kuis , Tugas | Pengertian Computational Thinking 1. Dekomposisi [1] 2. Pengenalan Pola [1,3] 3. Abstraksi [1,2] 4. Algoritma [1,2,3] | Diskusi | Kuliah | - |
3 | SUBCPMK09101, SUBCPMK09102 | SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat), SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) | Ketepatan mahasiswa dalam memahami konsep algoritma dalam pemrograman; Ketepatan mahasiswa mampu menjelaskan bentuk bentuk penulisan algoritma. | Presensi/Kuis | 1. Pengertian Algoritma dalam pemrograman [1] 2. Macam-macam penulisan algoritma (Deskriptif, Pseudocode, Flowchart). [1, 2] | Diskusi; Pembelajaran Kooperatif. | Kuliah; | - |
4 | SUBCPMK09101, SUBCPMK09102 | SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat), SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) | 1. Ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan perbedaan dan aturan-aturan dalam bahasa pemrograman. 2. Ketepatan mahasiswa dalam mengoperasikan bahasa pemrograman python melalui IDE/ Python compiler. | Presensi/Kuis , Praktikum | Perbandingan bahasa pemrograman python dengan beberapa bahasa pemrograman, serta aturan-aturannya; instalasi dan pengoperasian jupyter notebook/pycharm/VSCode/google colab. [1,2] | Diskusi; Praktik | Kuliah | - |
5 | SUBCPMK09101, SUBCPMK09102 | SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat), SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) | 1. Ketepatan mahasiswa dalam mengenal tipe data dan variabel. 2. Ketepatan mahasiswa dalam mendefinisikan Tipe Data Primitif Tipe Data Non Primitif serta memahami tipe anotasi pada variabel. | Presensi/Kuis , Praktikum | 1. Tipe data [1,2] 2. Variabel [1,2] 3. Tipe data primitif (Boolean, Numerik, String) [1,2] 4. Tipe data non-primitif (List, Tuple, Set, Dictionary) [1,2] 5. Anotasi pada variabel [1,2] | Diskusi; Praktikum. | Kuliah | - |
6 | SUBCPMK09101, SUBCPMK09102 | SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat), SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) | 1. Ketepatan mahasiswa dalam mendefinisikan built in function input(), print(). 2. Ketepatan mahasiswa dalam mengkonversi suatu tipe data. | Presensi/Kuis , Praktikum | 1. input(), print() [1] 2. Konversi tipe data str(), float(), int(). [1] | Diskusi; Praktikum. | Kuliah | - |
7 | SUBCPMK09102 | SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) | Mahasiswa mampu menggunakan dan memilih berbagai macam ekspresi dalam bahasa pemrograman sesuai dengan studi kasus yang diberikan | Presensi/Kuis , Tugas , Praktikum | 1. Jenis-jenis ekspresi (Arity dari operator, tipe data yang dihasilkan) [1] 2. Jeni-jenis operator (Aritmetika, relasional, logika, assigment) [1, 2] | Diskusi; Pembelajaran Kooperatif; Praktikum. | Kuliah | - |
8 | SUBCPMK09101, SUBCPMK09102 | SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat), SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) | Ketepatan dalam menjawab Soal UTS | UTS | Pertemuan 1-7 | - | Kuliah | - |
9 | SUBCPMK09101, SUBCPMK09102 | SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat), SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) | Mahasiswa mampu mendefinisikan pengkondisian dalam bahasa python | Presensi/Kuis , Praktikum | Ekspresi Percabangan, flow control (if, if else, if elif else) [1, 2]. | Diskusi; Pembelajaran Kooperatif; Praktikum. | Kuliah | https://edlink.id/panel/classes/466676 |
10 | SUBCPMK09102, SUBCPMK09201 | SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.), SUBCPMK09201 : (Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman.) | - Mahasiswa mampu mendefinisikan pengkondisian dalam bahasa python. - Mahasiswa mampu memecahkan masalah menggunakan pengkondisian dalam bahasa python. | Presensi/Kuis , Praktikum | 1. Kondisi bersarang [1] 2. pernyataan match [2] | Diskusi; Pembelajaran Kooperatif; Praktikum. | Kuliah | https://edlink.id/panel/classes/466676 |
11 | SUBCPMK09102 | SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) | Mahasiswa mampu mendefinisikan macam-macam bentuk perulangan dalam bahasa python | Presensi/Kuis , Praktikum | Perulangan [1,2] 1. conditional looping (for()) 2. unconditional looping (while()) | Diskusi; Praktikum. | Kuliah | https://edlink.id/panel/classes/466676 |
12 | SUBCPMK09201 | SUBCPMK09201 : (Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman.) | Mahasiswa mampu memecahkan masalah menggunakan macam-macam bentuk perulangan dalam bahasa python | Presensi/Kuis , Tugas , Praktikum | Perulangan [1, 2] 1. for bersarang 2. kontrol perulangan (break, continue, else, pass, list comprehension) | Diskusi; Pembelajaran Kooperatif; Praktikum. | Kuliah | https://edlink.id/panel/classes/466676 |
13 | SUBCPMK09201 | SUBCPMK09201 : (Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman.) | Mahasiswa mampu memahami penanganan kesalahan pada bahasa python | Presensi/Kuis | Penanganan Kesalahan [1] 1. Kelasahan sintaks 2. Exceptions 3. Penanganan pengecualian | Ceramah; Diskusi | Kuliah | |
14 | SUBCPMK09201 | SUBCPMK09201 : (Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman.) | Mahasiswa mampu menggunakan fungsi dengan paradigma procedural dan fungsional | Presensi/Kuis , Praktikum | Fungsi [1] 1. Kegunaan Fungsi 2. Pendefinisian Fungsi 3. Parameter dan argumen | Diskusi; Praktikum | Kuliah | - |
15 | SUBCPMK09201 | SUBCPMK09201 : (Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman.) | Ketepatan mahasiswa dalam menggunakan fungsi dengan paradigma procedural dan fungsional | Presensi/Kuis , Tugas | Procedure [1] 1. Perbedaan procedure dengan fungsi 2. Pendefinisian dan kegunaan Procedure | Diskusi; Pembelajaran Kooperatif. | Kuliah | - |
16 | SUBCPMK09201 | SUBCPMK09201 : (Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman.) | Ketepatan mahasiswa dalam menjawab soal UAS | UAS | Pertemuan 9-15. | - | Kuliah | - |