fti

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

PROGRAM STUDI S1 INFORMATIKA/ILMU KOMPUTER

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI

UNIVERSITAS MERDEKA PASURUAN

Identitas Mata Kuliah NAMA MK KODE MK RUMPUN MATA KULIAH BOBOT(SKS) SEMESTER Direvisi
Pemrograman Dasar MKWPS14 Algoritma dan pemrograman 4 1 2024-06-06 12:44:44
Otoritas Pengembang RPS Ketua Kelompok Keahlian Ka PRODI
Dian Ahkam Sani, S.Kom., M.Kom. Dian Ahkam Sani, S.Kom., M.Kom Dian Ahkam Sani, S.Kom., M.Kom
Deskripsi Mata Kuliah Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar mengenai konsep dasar-dasar pemrograman dan mempraktekkannya. Perkuliahan dilakukan di kelas dan praktik dilakukan di kelas maupun di laboratorium. Mahasiswa akan belajar tentang algoritma sederhana, cara menuangkan algoritma, konsep percabangan, konsep perulangan, input, proses dan output, merumuskan solusi algoritma untuk permasalahan iterative dan percabangan bertingkat, menelusuri dan mensimulasi eksekusi fungsi rekursif dan mengimplementasikan algoritma sesuai rumusan solusi dalam bentuk program terstruktur dengan bahasa pemrograman python.
Capaian Pembelajaran Lulusan & Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) PRODI
CPL09 Kemampuan mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai.
CPL09 Kemampuan mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai.
CPL09 Kemampuan mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai.
Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK) CPMK yang di dukung CPL yang di dukung
SUBCPMK09101 Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat CPMK091 Mampu menganalisis algoritma dan menerapkan pada bahasa pemrograman untuk menyelesaikan permasalahan organisasi secara optimal. CPL09
SUBCPMK09102 Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman. CPMK091 Mampu menganalisis algoritma dan menerapkan pada bahasa pemrograman untuk menyelesaikan permasalahan organisasi secara optimal. CPL09
SUBCPMK09201 Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman. CPMK092 Mampu merancang algoritma dan menerapkan pada bahasa pemrograman untuk menyelesaikan permasalahan organisasi secara optimal. CPL09
Penilaian Id Sub-CPMK Bobot per Bentuk Penilaian TOTAL BOBOT PER SUB-CPMK
Presensi Tugas Praktikum UTS UAS
SUBCPMK09101 5% 5% 0% 10% 0% 20%
SUBCPMK09102 5% 5% 10% 10% 10% 40%
SUBCPMK09201 5% 5% 15% 0% 15% 40%
Total Per Penilaian 15% 15% 25% 20% 25% 100%
Pustaka Sani, Dian Ahkam. Farosanti, Lafnidita. Sarwani, M Zoqi. (2024). Pemrograman dasar menggunakan bahasa pemrograman Python. Yogyakarta: Penerbit Deepublish., Matthes, E. (2023). Python Crash Course: 3rd Edition. No Starch Press., 4. Beecher, K. (2017). Computational Thinking: A beginner's guide to problem-solving and programming. Swindon, UK.: BCS Learning & Development Limited., Curzon, P., & McOwan, P. W. (2017). The power of computational thinking: Games, magic and puzzles to help you become a computational thinker. London, UK: World Scientific Publishing Europe Ltd.
Media Pembelajaran Software: Hardware:
Google Colab; EdLink; Power Point. Proyektor; Laptop.
Team Teaching -
Matakuliah Syarat -
Ambang Batas Kelulusan Mahasiswa 60
Ambang Batas Kelulusan MK 60 %


MINGGU KE- ID SUBCPMK DESKRIPSI SUB CPMK INDIKATOR KETERCAPAIAN SUB-CPMK BENTUK ASSESSMEN MATERI METODE LUAR JARINGAN (TATAP MUKA) DALAM JARINGAN (DARING)
1 SUBCPMK09101 SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat) - Ketepatan mahasiswa dalam memahami dan menjelaskan konsep dasar program, pemrograman dan bahasa pemrograman serta konsep compiler dan interpreter. Presensi/Kuis Perbedaan program, pemrograman, dan bahasa pemrograman; compiler vs interpreter. [1, 2]. Ceramah Kuliah -
2 SUBCPMK09101 SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat) Ketepatan mahasiswa dalam memahami konsep computational thinking dan menjelaskan macam-macam computational thinking. Presensi/Kuis , Tugas Pengertian Computational Thinking 1. Dekomposisi [1] 2. Pengenalan Pola [1,3] 3. Abstraksi [1,2] 4. Algoritma [1,2,3] Diskusi Kuliah -
3 SUBCPMK09101, SUBCPMK09102 SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat), SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) Ketepatan mahasiswa dalam memahami konsep algoritma dalam pemrograman; Ketepatan mahasiswa mampu menjelaskan bentuk bentuk penulisan algoritma. Presensi/Kuis 1. Pengertian Algoritma dalam pemrograman [1] 2. Macam-macam penulisan algoritma (Deskriptif, Pseudocode, Flowchart). [1, 2] Diskusi; Pembelajaran Kooperatif. Kuliah; -
4 SUBCPMK09101, SUBCPMK09102 SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat), SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) 1. Ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan perbedaan dan aturan-aturan dalam bahasa pemrograman. 2. Ketepatan mahasiswa dalam mengoperasikan bahasa pemrograman python melalui IDE/ Python compiler. Presensi/Kuis , Praktikum Perbandingan bahasa pemrograman python dengan beberapa bahasa pemrograman, serta aturan-aturannya; instalasi dan pengoperasian jupyter notebook/pycharm/VSCode/google colab. [1,2] Diskusi; Praktik Kuliah -
5 SUBCPMK09101, SUBCPMK09102 SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat), SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) 1. Ketepatan mahasiswa dalam mengenal tipe data dan variabel. 2. Ketepatan mahasiswa dalam mendefinisikan Tipe Data Primitif Tipe Data Non Primitif serta memahami tipe anotasi pada variabel. Presensi/Kuis , Praktikum 1. Tipe data [1,2] 2. Variabel [1,2] 3. Tipe data primitif (Boolean, Numerik, String) [1,2] 4. Tipe data non-primitif (List, Tuple, Set, Dictionary) [1,2] 5. Anotasi pada variabel [1,2] Diskusi; Praktikum. Kuliah -
6 SUBCPMK09101, SUBCPMK09102 SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat), SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) 1. Ketepatan mahasiswa dalam mendefinisikan built in function input(), print(). 2. Ketepatan mahasiswa dalam mengkonversi suatu tipe data. Presensi/Kuis , Praktikum 1. input(), print() [1] 2. Konversi tipe data str(), float(), int(). [1] Diskusi; Praktikum. Kuliah -
7 SUBCPMK09102 SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) Mahasiswa mampu menggunakan dan memilih berbagai macam ekspresi dalam bahasa pemrograman sesuai dengan studi kasus yang diberikan Presensi/Kuis , Tugas , Praktikum 1. Jenis-jenis ekspresi (Arity dari operator, tipe data yang dihasilkan) [1] 2. Jeni-jenis operator (Aritmetika, relasional, logika, assigment) [1, 2] Diskusi; Pembelajaran Kooperatif; Praktikum. Kuliah -
8 SUBCPMK09101, SUBCPMK09102 SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat), SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) Ketepatan dalam menjawab Soal UTS UTS Pertemuan 1-7 - Kuliah -
9 SUBCPMK09101, SUBCPMK09102 SUBCPMK09101 : (Mahasiswa mampu mendefinisikan algoritma dalam bentuk penulisan algoritma dengan tepat), SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) Mahasiswa mampu mendefinisikan pengkondisian dalam bahasa python Presensi/Kuis , Praktikum Ekspresi Percabangan, flow control (if, if else, if elif else) [1, 2]. Diskusi; Pembelajaran Kooperatif; Praktikum. Kuliah https://edlink.id/panel/classes/466676
10 SUBCPMK09102, SUBCPMK09201 SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.), SUBCPMK09201 : (Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman.) - Mahasiswa mampu mendefinisikan pengkondisian dalam bahasa python. - Mahasiswa mampu memecahkan masalah menggunakan pengkondisian dalam bahasa python. Presensi/Kuis , Praktikum 1. Kondisi bersarang [1] 2. pernyataan match [2] Diskusi; Pembelajaran Kooperatif; Praktikum. Kuliah https://edlink.id/panel/classes/466676
11 SUBCPMK09102 SUBCPMK09102 : (Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan logika pemrograman menggunakan bahasa pemrograman.) Mahasiswa mampu mendefinisikan macam-macam bentuk perulangan dalam bahasa python Presensi/Kuis , Praktikum Perulangan [1,2] 1. conditional looping (for()) 2. unconditional looping (while()) Diskusi; Praktikum. Kuliah https://edlink.id/panel/classes/466676
12 SUBCPMK09201 SUBCPMK09201 : (Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman.) Mahasiswa mampu memecahkan masalah menggunakan macam-macam bentuk perulangan dalam bahasa python Presensi/Kuis , Tugas , Praktikum Perulangan [1, 2] 1. for bersarang 2. kontrol perulangan (break, continue, else, pass, list comprehension) Diskusi; Pembelajaran Kooperatif; Praktikum. Kuliah https://edlink.id/panel/classes/466676
13 SUBCPMK09201 SUBCPMK09201 : (Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman.) Mahasiswa mampu memahami penanganan kesalahan pada bahasa python Presensi/Kuis Penanganan Kesalahan [1] 1. Kelasahan sintaks 2. Exceptions 3. Penanganan pengecualian Ceramah; Diskusi Kuliah
14 SUBCPMK09201 SUBCPMK09201 : (Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman.) Mahasiswa mampu menggunakan fungsi dengan paradigma procedural dan fungsional Presensi/Kuis , Praktikum Fungsi [1] 1. Kegunaan Fungsi 2. Pendefinisian Fungsi 3. Parameter dan argumen Diskusi; Praktikum Kuliah -
15 SUBCPMK09201 SUBCPMK09201 : (Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman.) Ketepatan mahasiswa dalam menggunakan fungsi dengan paradigma procedural dan fungsional Presensi/Kuis , Tugas Procedure [1] 1. Perbedaan procedure dengan fungsi 2. Pendefinisian dan kegunaan Procedure Diskusi; Pembelajaran Kooperatif. Kuliah -
16 SUBCPMK09201 SUBCPMK09201 : (Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman.) Ketepatan mahasiswa dalam menjawab soal UAS UAS Pertemuan 9-15. - Kuliah -